Sanksi Terhadap Tim Bola Di Indonesia

sanksi bolaDalam dunia sepak bola tentu saja sudah tidak asing mendengar kata sanksi yang dijatuhkan untuk klub atau suporternya. Sanksi yang diberikan tentu saja sesuai dengan pelanggaran dan kejadian saat pertandingan. Kategori sanksi yang diberikan mulai dari kategori yang rendah hingga sanksi yang sangat berat. Semua ini tentu tergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan. Nah jika terjadi sanksi, maka ada banyak  yang rugi termasuk juga para agen bola terpercaya karena tak akan ada banyak yang mau gabung dan bermain dalam permainan taruhan di situsnya. Jika demikian, maka memang sanksi ini kadang menjadi musibah. Namun sebisa mungkin para suportter atau tim mengikuti semua peraturan yang ada, agar kemudian tidak terjadi yang namanya sanksi tersebut.

Terkait dengan beratnya sanksi dan besaran denda tentu saja hal ini sesuai dengan yang dijatuhkan oleh komisi disiplin dalam sebuah liga. Bahkan sanksi ini bisa terjadi di semua elemen yang berkecimpung di sepak bola misalnya terhadap pemain, pelatih, supporter, official, manajer maupun panpel pertandingan. Jenis jenis pelanggaran tentu sudah diatur dalam regulasi sebuah liga sehingga dalam menjatuhkan sanksi tentu saja mengacu pada hal tersebut.  Nah dengan begitu para semua stake holder baik tim ataupun semua pihak termasuk fans memang harus bisa bijak dalam bertindak. Tak boleh melakukan sesuatu hal yang hanya akan berdampak dan beresiko mendapatkan sanksi.

Kenapa Sanksi Diberikan?

Pertanyaan yang mungkin banyak ditanyakan selama ini adalah tentang alasan kenapa sanksi ini diberikan? Nah sanksi diberikan bukan tanpa alasan sebetulnya melainkan karena memang ada  pelanggaran yang dilakukan. Apa saja pelanggarannya? Nah memang ada komisi disiplin PSSI khusus yang memberikan sanksi tersebut. mereka melihat beberapa hal yang memang dilakukan oleh pihak baik tim, manajemen, dan banyak lagi yang lainnya. Nah jika memang sudah memenuhi syarat dari pelanggaran, maka kemudian sanksi pun  diberikan.  Adapun jenis sanksi yang diberikan memang ada beragam dan bermacam-macam terkadang disesuaikan juga dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

Inilah Sanksi Terhadap Tim Bola Di Indonesia

Beberapa sanksi yang sering dijatuhkan terhadap sebuah tim sepak bola tentu saja banyak macamnya. Hal ini juga sesuai dengan tingkat pelanggaran dari klub tersebut yang tentu saja sangat berdampak sekali terhadap kelangsungan prestasi klub. Sanksi bisa berupa sanksi berat ataupun hanya denda saja yang haru dibayar klub. Beberapa sanksi yang biasa dijatuhkan terhdap klub sepak bola yaitu diantaranya:

  1. Larangan menggelar pertandingan Home dalam beberapa laga (partai usiran)
  2. Denda terhadap klub
  3. Pertandingan tanpa penonton untuk beberapa laga
  4. Pemain tertentu dilarang bermain untuk beberapa laga
  5. Denda untuk panpel
  6. Sanksi official pertandingan
  7. Sanksi atau denda untuk pelatih
  8. dll

Beberapa sanksi tersebut hanya sebagian kecil dari sanksi pada umumnya yang sering diterapkan daam kompetisi. Semua sanksi tentu saja mengatur pada regulasi dan aturan dalam kompetisi. Berat atau tidaknya sanksi tentu hal ini disesuaikan dengan pelanggaran yang terjadi.

Sanksi tanpa penonton atau larangan menggelar parta home biasanya akibat sikap anarkis dari npara penonton di dalam stadion. Biasanya komisi disiplin menerapkan aturan larangan bermain tanpa supporter untuk beberapa laga sebagai bentuk sanksi yang dijatuhkan! Nah semoga dengan mengetahui tentang semua hal diatas,  maka kita bisa menjaga diri dan bijak dalam bersepak bola sehingga bisa terhindar dari sanksi.